Kamis, 22 November 2012

Arti Lambang MPK





WARNA
1.    Biru melambangkan suasana damai, aman, tenteram dan sejahtera.
2.    Putih melambangkan kesucian dan ketulusan untuk satu tujuan dan tekad.
3.    Kuning melambangkan keagungan dan cita – cita.
4.    Hitam melambangkan kekekalan dan keabadian.
KOMPONEN
1.    Segilima melambangkan Pancasila sebagai dasar organisasi MPK.
2.    Bintang melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa.
3.    Padi dan kapas melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran.
4.    Akolade melingkar melambangkan wahana partisipasi dan aspirasi siswa dalam pembangunan yang memadukan pelaksanaan segala kegiatan dan prakarsa serta swadaya gotong royong.
5.    Rangkaian Mata Rantai melambangkan lingkungan yang terdiri dari siswa sebagi unit terkecil yang merupakan sasaran organisasi MPK.
6.    Tulisan Putih melambangkan pemberdayaan dan kesejahteraan kelas yang dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan.
ARTI KESELURUHAN
Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) yang merupakan organisasi tinggi di SMA Negeri 1 Kebumen, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, melakukan kegiatan yang terus menerus dan berkesinambungan untuk menghimpun aspirasi siswa dengan melaksankan tugas dan wewenangnya dengan sasaran siswa sebagai unit terkecil dalam lingkungan sekolah untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang selalu hidup dalam suasana damai, aman, tertib, tenteram, makmur dan sejahtera.


2 komentar:

  1. Minta ijin untuk adopsi beberapa arti simbolis, dan beberapa komponen logo, untuk mpk sekolah saya ya Pak/Ibu Kepala sekolah, Pembina, dll

    BalasHapus
  2. Minta ijin untuk adopsi beberapa arti simbolis, dan beberapa komponen logo, untuk mpk sekolah saya ya Pak/Ibu Kepala sekolah, Pembina, dll

    BalasHapus